POTENSI DAN ANCAMAN PULAU TERLUAR INDONESIA

POTENSI DAN ANCAMAN PULAU TERLUAR INDONESIA



A. Potensi Pulau Terluar Indonesia
Negera Indonesia adalah negara kepulauan. Pulau-pulau di Indonesia sangatlah banyak dan bahkan Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki pulau-pulau terbanyak di dunia. Walaupun Indonesia memiliki banyak pulau tetapi tidak semua pulau tersebut diperhatikan oleh pemerintah termasuk pulau-pulau terluar Indonesia bahkan ada yang telah berpindah tangan seperti pulau sipadan dan ligitan yang telah menjadi milik Malaysia dan akhir-akhir ini selat Ambalat juga bermasalah.
Sejak masalah pulau sipadan dan ligitan berpindah tangan, perhatian pemerintah terhadap pulau terluar Indonesia mulai sedikit terbuka, dimana keamanan mulai ditingkatkan. Meskipun keamanan meningkat tetapi potensi pulau terluar tidak berubah. Kita ketahui bahwa pulau terluar Indonesia memiliki potensi alam yang sangat indah, panorama alam yang sungguh cantik dan keindahan laut yang menakjubkan. Pulau tersebut dapat diolahsebagai objek wisata alam atau bahari.
Seiring berjalan waktu perhatian pemerintah mulai terketuk untuk memaksimalkan pulau terluar Indonesia sebagai objek wisata yang dapat menambah pendapatan negera. Menteri Kelautan dan Perikanan Dr. Ir. Fadel Muhammad menyatakan, pemerintah NKRI siap menyewakan 12 pulau terluar milik Indonesia kepada para investor asing di antaranya datang dari Australia, Singapura, dan Maladewa. Ke-12 pulau terluar itu telah diinventarisir dan memiliki nilai ekonomi yang tinggi. "Jika tidak memiliki nilai ekonomi tinggi, maka tidak akan berguna untuk disewakan," tutur Fadel kepada pers di Jakarta, hari Senin, 26 April 2010.
Sejumlah investor yang berminat untuk menyewa 12 pulau itu antara lain dari Australia yang berminat investasi di Pulau Banda Naira, Singapura di Pulau Nipah dan Kepulauan Anambas, serta Maladewa di Banyuwangi. Dengan adanya penyewaan tersebut, maka pendapatan Negara Indonesia akan meningkat tinggi karena pemerintah tidak akan menyewakan pulau tersebut dengan harga yang rendah. Justru pemerintah akan menawarkan dengan harga yang sangat tinggi. Penetapan harga yang tinggi menurut saya bukanlah omongan belaka sebab kita ketahui pulau-pulau disana sangat indah dan menakjubkan. Selain menambah kas negara, warga pulau tersebut pun akan mendapatkan penghasilan karena akan terbukanya lapangan kerja sehingga kesejahteraan rakyat meningkat.
B. Ancaman Pulau Terluar Indonesia
Kurangnya perhatian pemerintah merupakan faktor utama timbulnya ancaman terhadap pulau-pulau terluar. Seperti yang telah saya kemukakan di atas, lepasnya pulau sipadan dan ligitan merupakan bukti buruknya perhatian pemerintah terhadap kehidupan pulau-pulau terluar.
Ancaman pulau terluar Indonesia ada yang berasal dari negara tetangga dan ada pula ancaman berasal dari alam. Ancaman dari negara tetangga ada akibat dari ketidakperhatiannya pemerintah. pemerintah cuek akan potensi alam dari pulau tersebut. Akibat dari kecuekan pemerintah, negara tetangga justru mengolah potensi tersebut. Dimana rakyat disana dipekerjakan dan disejahterakan. Jadi rakyat di sana sengat senang dengan keberadaan Negara asing dari pada bangga membela negaranya sediri yang nyata-nyataan cuek akan keberadaan mereka.
Selain itu, ancaman lain itu berasal dari alam. Ancaman ini muncul karena ulah manusia yang tidak lagi peduli alam. Penebangan liar ditingkatkan tanpa ada larangan, pembangunan gedung-gedung pencakar langit yang sangat tinngi tanpa dibarengi pelesatarian lingkungan dan penggunakan zat kimia yang berlebihan. Akibat dari semuanya itu, ekosistem alam tidak seimbangan, meningkatkannya suhu bumi membuat batuan es di kutub mencair mengakibatkan volume air meningkat. Meningkatnya volume air ini menjadi anaman serius bagi pulau-pulau terluar yang berdaratan rendah karena lama kelamaan akan tenggelam seperti salah satu pulau di Jepang dan di maladewa yang sudah ditenggelamkan oleh meningkatnya volume air. Salah satu ahli berpendapat bahwa pada tahun 2050 sebagian pulau di dunia akan menjadi perairan termasuk pulau-pulau di Indonesia. Menurut saya, ancaman alam bukanlah ancaman serius karena ancaman tersebut tidak membuat kedaulatan negara kita terusik. Ancaman alam ini terjadi atas kehendak Tuhan Yang Maha Kuasa. Ancaman serius bagi saya adalah ancaman dari pihak asing karena kan membuat kedaulatan negara kita terancam.
Ancaman pihak asing tidak akan terjadi apabila pemerintah tidak meng-anaktiri-kan pulau-pulau terluar. Apalagi pemerintah berencana menyewakan pulau terluar kepada investor asing. Walapaun pulau tersebut disewakan kepada investor asing tetapi janganlah pemerintah mengurangi perhatian terhadap pulau yang disewa oleh investor asing justru perhatian pemerintah fokus disana sebab jangan sampai investor asing tersebut berniat merampas pulau tersebut dari Negara Indonesia. Kita tahu bahwa jarak pulau terluar tersebut sangat jauh dari Negara kita sedangkan jarak pulau terluar tersebut dengan negara asal investor tersebut sangat dekat. Jadi perhatian pemerintah harus ditingkatkan, seperti akses menuju pulau tersebut diperlanjar, pemgembangan IT ditingkatkan agar informasi lancar, peningkatan kualitas pendidikan agar masyarakat di pulau tersebut tidak mudah dibodohi oleh negara asing sebab sekarang perang ideologi lebih berbahaya dari pada adu kekuatan.
Keamanan perlu juga ditingkatkan guna menjaga kedaulatan negara ini. Apabila kekuatan keamanan kita kuat pihak asing akan segan terhadap kita dan tidak akan berniat mengobok-ngobok negara kita. Selain keamanan pengakuan negara-negara dunia terhadap batas-batas negara kita juga merupakan salah satu hal yang penting untuk menghidari ancaman pihak asing untuk mengambil alih pulau-pulau terluar negara ini.

Komentar

  1. TESTIMONI: Amalia Amangkurat
    NEGARA: Kuala Lumpur, Malaysia
    HIBAH PINJAMAN: $50,000
    Rekening AmBank: 1330773201610
    amaliaamangkurat@gmail.com

    PERUSAHAAN PINJAMAN: PERUSAHAAN PINJAMAN RIKA ANDERSON
    Situs web: www.rikaandersonloancompany.com
    Email: support@rikaandersonloancompany.com
    Email rikaandersonloancompany@gmail.com
    Whatsapp: +1(929)526-0086

    Nama saya Bu Amalia Amangkurat, saya seorang janda dan saya kehilangan suami saya 4 tahun yang lalu dan saya merawat anak-anak, sekarang saya menghasilkan uang untuk membayar sewa dan beberapa hutang tetapi saya tidak punya uang untuk membayar.

    Baru-baru ini saya melihat kesaksian online tentang seorang teman yang mendapat pinjaman tanpa agunan dari PERUSAHAAN PINJAMAN RIKA ANDERSON, Lady Amalia Anmangkurat di email amaliaanmangkurat@gmail.com dan email Harumah Madzulkifli harumahmadzulkifli@gmail.com. Saya mengajukan pertanyaan dari ibu Margaretha Asmaran di email margarethaasmaran@gmail.com dan Vania Hilman di email  vaniahilmanaki@gmail.com Saya diberitahu bahwa dia adalah ibu yang jujur, jadi saya mengajukan pinjaman sebesar $50.000 jadi setelah proses pinjaman, pinjaman saya telah ditransfer ke rekening bank saya dan hari ini, saya memiliki toko tempat saya menjalankan bisnis saya dan hari ini saya telah melunasi hutang saya dan semua tagihan saya.

    Semua berkat RIKA ANDERSON LOAN COMPANY, pemberi pinjaman yang baik dan jujur, jadi saya berjanji untuk bersaksi dan membagikan kabar baik saya juga. Jika Anda memiliki keraguan atau ketakutan, Anda selalu dapat menghubungi.

    BalasHapus
  2. Nama saya Ketut Sumiati
    Dari Amlapura, Karangasem Bali, Indonesia
    email:  ketutsumiati907@gmail.com
    nomor whatsapp: +6285854125084
    Hibah Pinjaman: Rp4.000.000.000
    Tanggal Diterima: 05/02/2021Twitter: @KetutSumiati3

    Semoga Allah terpuji karena membuat rasa sakit saya berakhir melalui ibu yang baik dan jujur, Rika Anderson Lender.

    Baru-baru ini bisnis saya sedang down dan saya telah mencari pinjaman besar untuk menghidupkan kembali bisnis saya.

    Saya telah ditipu berkali-kali, semuanya menjanjikan saya pinjaman tetapi mereka selalu menipu dan membohongi saya.

    Saya menemukan kesaksian pelanggan ibu Rika Anderson Lender yang jujur ​​​​yang baik di facebook instagram dan blog dan saya menghubungi banyak dari mereka melalui email farahagungs@gmail.com, lestariabyasan@gmail.com, endangnisrina@gmail.com, zulaikhayugesh@gmail.com, mariafadhlan@gmail .com, efiekustiyo@gmail.com, noviaantonous@gmail.com, sabrinaraditya59@gmail.com dari banyak orang yang telah mendapat manfaat dari ibu jujur ​​Rika Anderson Loan Company yang memberi saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp4.000.000.000  miliar.

    Pinjaman saya ditransfer ke rekening bank BCA saya setelah beberapa jam disetujui.

    Bagi yang mencari pinjaman online harus berhati-hati karena 50% pinjaman online palsu. Bagi mereka yang mencari pinjaman, Anda harus menghubungi Perusahaan Pinjaman Rika Anderson.
    Mereka adalah 100% pemberi pinjaman online yang sah,

    Situs web: www.rikaandersonloancompany.com
    Email: rikaandersonloancompany@gmail.com
    Email resmi perusahaan: support@rikaandersonloancompany.com
    Whatsapp:  +1(929)526-0086

    BalasHapus
  3. Halo semuanya! Bantu saya berterima kasih kepada Bunda Esther

    Saya Widodo saya tinggal di Medan di Indonesia, saya telah mencari pinjaman selama beberapa tahun. Saya 6 kali menjadi korban penipuan dengan pemberi pinjaman palsu yang telah menghancurkan hidup saya, saya memang mencoba bunuh diri karena mereka. Karena saya punya hutang dan tagihan yang harus dibayar. Saya pikir ini sudah berakhir untuk saya, saya tidak lagi memiliki perasaan hidup. Saya hampir menyerah, tidak sampai saya mencari saran dari teman SISKA WIBOWO (siskawibowo71@gmail.com) yang kemudian mengarahkan saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal, Ny. ESTHER PATRICK yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 150 juta Rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan pada tingkat bunga lebih rendah dari 2%. (estherpatrick83@gmail.com)

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya terapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres . silakan hubungi ibu sekarang estherpatrick83@gmail.com

    Dan saya tahu sebagian besar dari Anda juga telah menjadi korban penipuan, Anda tidak perlu repot lagi karena saya harus menyampaikan kabar baik dan satu-satunya pemberi pinjaman yang dapat Anda percayai, Jadi saya tidak dapat menyimpan ini untuk diri saya sendiri sehingga saya harus mulai dengan membagikan kesaksian tentang mengubah hidup ini bahwa Anda dapat menghubungi saya melalui email (widodocepi@gmail.com) Ny. Esther Patrick Saya selamanya Bersyukur atas Segala yang telah Anda lakukan untuk saya.

    BalasHapus
  4. Ini adalah agen pinjaman Anda yang telah Anda tunggu-tunggu, kami memiliki begitu banyak kesaksian di seluruh dunia, nama baik kami berbicara untuk kami tidak peduli lokasi atau negara Anda di seluruh eropa atau benua lain, kami dapat mengirimkan uang pinjaman Anda ke rekening bank Anda dalam beberapa jam setelah persetujuan dan juga kabar baik lainnya adalah kami akan mengirimkan semua dokumen pinjaman Anda melalui email sehingga Anda akan puas dengan layanan kami ((((kami tidak pernah menipu siapa pun sejak penyedia pinjaman kami dan kami tidak akan menipu Anda karena prioritas utama kami adalah untuk membuat semua pelanggan kami senang dan juga stabil secara finansial) Kami telah meminjamkan kepada begitu banyak orang dalam kisaran [€30.000,00 hingga jumlah [€5.000.000.00] sehingga Anda bebas untuk meminta jumlah berapa pun yang Anda butuhkan sehingga kami dapat memprosesnya dan kemudian mengirimkan pinjaman Anda dengan tenang, tarif kami sangat rendah dan sangat menarik dibandingkan dengan tarif bank lokal Anda dan mode transaksi sangat cepat dan fleksibel untuk diproses sehingga Anda dapat mengakses jumlah pinjaman yang Anda minta dalam beberapa jam

    Di Bawah Ini Adalah Detail Dontact Kami!!!!

    WhatsApp:+33758722151
    e_mail:(financialserviceauthority400@gmail.com))))

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

BENTUK-BENTUK PERUSAHAAN DI INDONESIA

SISTEM POLITIK ISLAM